Begini Cara Membuat Aquascape Sederhana Untuk Pemula

 Aquascape itu sendiri adalah seni menata tanaman di dalam air sehingga membentuk taman air yang dilengkapi dengan ikan-ikan hias. Dalam pembuatannya dibutuhkan kesabaran, pengetahuan, serta memiliki jiwa seni yang tinggi.

Sejarah dan Perkambangan Aquascape

Asal mula aquascape berasal dari negeri Jepang, yaitu sekitar tahun 1990. Aquascape diperkenalkan oleh Takashi Amano yang merupakan seorang pencinta aquarium, style aquascape yang diperkenalkan Takashi Amano adalah Nature Style Aquascape.

Style ini sangat menarik, terutama pada konsep estetika Jepang Wabi-sabi, yang berfokus pada kefanaan dan minimalis dari sebuah aquascape.

Dalam perkembangannya, Takashi Amano mendirikan perusahaan yang diberi nama Aqua Design Amano. Di kalangan penghobi aquascape, perusahaan ini dikenal dengan singkatan ADA (Aqua Design Amano). Perusahaan ini sampai sekarang menjadi salah satu referensi utama para penghobi aquascape di seluruh dunia.

Selain Takashi Amano, quaascaper yang tak kalah terkenal adalah Iwagumi. Ia punya ciri khas dalam penempatan batu dan konsep tata letak yang sangat apik pada aquascape. Konsep yang ia hasilkan kebanyakan mencerminkan tradisi dan budaya dari negara Jepang yang dituangkan dalam seni aquascape.

Apa Saja Style Aquascape?

Selain Nature Style Aquascape, ada tiga style yang tidak kalah terkenalnya juga, diantaranya:

  1. Biotopes, yaitu style yang menggabungkan antara tanaman dan hewan sesuai dengan visual yang diinginkan, dengan tanpa memandang asal georafis.
  2. Paludariums, yaitu style tanaman yang bagian akarnya didalam air sedangkan bagian atasnya di luar atau di atas aquarium.
  3. Saltwater Reefs, yaitu style meniru karang dengan susunan batu hidup dan juga berisi karang dan invertebrata laut serta ganggang merah seperti karang.

Bagaimana Cara Membuat Aquascape?

Dalam membuat aquascape, hal yang paling utama adalah tanaman air, batu atau fosil, dan juga kayu sebagai media pertumbuhan. Untuk ikan hias gunakanlah ikan yang berukuran kecil atau bisa juga dengan udang hias. P

ada umumnya ekosistem aquascape mulai tercipta setelah berumur 2 bulan. Faktor lain yang mendukung aquascape adalah pencahayaan sebagai pengganti matahari, co2 untuk tanaman, pupuk tanaman, serta filterisasi untuk menjaga kualitas air agar tetap terjaga.

Untuk membuat aquascape ada beberapa peralatan, material,dan pendukung yang harus disediakan. Diantaranya:

  1. Gunakanlah ukuran Aquarium 55x35x35 (67L).
  2. Lampu, untuk pencahayaan  50W
  3. Filter gantung dan suhu air berkisar 28 derajat
  4. Pasir asli.
  5. Pupuk dasar / pupuk cair.
  6. Tanamannya seperti Eleocharis acicular, Lilaeopsis mauritiana, Eleocharis geniculata, repens Juncus, dan Spiky lumut
  7. Udang atau Ikan (untuk pemakan moss) seperti Iriatherina werneri, Boraras maculatus Otocinclus affinis dan Red Cherry
  8. Reaktor CO2, gunakan tabung dengan 1.5bps untuk fotosintesi tanaman.
  9. Kipas/chiller(jika diperlukan)
  10. Kayu dan Batu(hardscape).

Rekomendasi bacaan: 17 Jenis Udang Hias yang Bisa Mempercantik Aquascape

Bahan atau material untuk pembuatan aquascape bisa Anda beli di toko perlengkapan aquascape, dengan harga bervariasi. Selanjutnya untuk membuat aquascape bisa ikuti langkah demi langkah dibawah ini.

  1. Langkah awal yaitu dengan membuat dasar aquaspace dengan mentaburkan pasir, sebagai pemula kamu bisa menggunakan pasir silica atau dengan pasir malang.
  2. Selanjutnya, taburkan pupuk dasar dan juga tambahkan karbon aktif. Karbon aktif berguna untuk menyerap zat berbahaya yang terkandung pada air dan juga mengatasi nutrisi yang berlebih. (untuk pupuk dasar hanya untuk jenis tanaman yang memiliki akar saja)
  3. Pada langkah ini kamu kembali tambahkan pasir slica ataupun pasir malang. Penambahan pasir ini untuk menimbun pupuk dasar diawal tadi.
  4. Selanjutnya membuat dekorasi hardscape, dengan menggunakan bahan kayu dan batu. Buatlah kombinasi antara batu dan kayu, jangan disebar sembarangan. (usahakan pasir belakang lebih tinggi dari pasir depan).
  5. Setelah selesai dekorasi, isi aquarium dengan air yang telah disiapkan. Agar dekorasi tidak rusak, lakukanlah dengan pelan-pelan.
  6. Selanjutnya, setelah diisi air kamu boleh menanam tanaman yang telah ditentukan. Beserta penempatan perlengkapan lainnya seperti filter gantung, lampu, Co2 dan yang lainnya.
  7. Tunggu 2 sampai 3 bulan tubuh biota dalam aquaspace, namun pada masa ini diharapkan agar rutin merawat aquaspace seperti melakukan pengurasan 3 hari sekali.

Cara Merawat Aquascape

Selesai membuat aquasape, yang harus kita lakukan selanjutnya adalah merawatnya. Proses perawatan ini sangat penting, agar aquascape kita selalu terjaga kebersihan dan keberlangsungan makhluk hidup yang ada di dalamnya. Seperti ikan, udang hias dan tumbuhan-tumbuhan hijau.

Pada minggu pertama, perawatan yang perlu dilakukan adalah mengganti air setiap hari. Tidak perlu mengganti seluruh air di aquarium, cukup mengganti kira-kira 30 persennya saja.

Penggantian air ini bertujuan untuk membuang berbagai zat berbahaya yang berasal dari komponen aquascape. Selain itu, mengganti air bisa menyuburkan pertumbuhan bakteri baik.

Pada minggu kedua, intensitas penggantian air sudah bisa dikurangi, yaitu setiap 3 hari sekali. Untuk minggu ketiga dan seterusnya, kita cukup mengganti airnya setiap seminggu sekali.

Tanaman dan Ikan yang Cocok untuk Aquascape

Tidak semua jenis tanaman dan ikan cocok ditempatkan di dalam aquascape. Untuk itu, kita harus tahu ikan dan tanaman apa saja yang cocok ditaruh di dalam aquascape. Nah, berikut tanaman yang cocok ditanam di aquascape:

  • Java Moss
  • Lilaeopsis
  • African Water Fern
  • Jaa Fern
  • Anubis Nana
  • Water Wisteria
  • Amazon Sword
  • green Tiger Lotus
  • Cryptocoryne Becketti

Kalau untuk ikan hias, pilih ikan yang bisa beradaptasi dengan Co2 secara baik. Ikan-ikan yang mampu memberikan efek ilusi kedalaman juga sangat cocok untuk aquascape. Berikut beberapa contoh ikan pilihan untuk aqascape.

  • Kardinal terta
  • Rainbow
  • Angel Fish
  • Discus
  • Dwarf Gourami
  • Chili Rasbora
  • Guppy
  • Neon Terta
  • Harlequin Terta
  • Ember Terta

Itulah beberapa hal yang berkaitan dengan aquascape. Selamat mencoba.