PROSEDUR PENERIMAAN TAMU

 

  1. PETUGAS MEMPERSILAHKAN MENGISI BUKU TAMU YANG TELAH DISEDIAKAN DENGAN SOPAN DAN RAMAH
  2. APABILA TAMU MEMBAWA KENDARAAN, PETUGAS MEMPERSILAHKAN UNTUK MEMARKIR KENDARAAN TAMU TSB DI TEMAPT PARKIR YANG TELAH DISEDIAKAN.
  3. PETUGAS MENGINFORMASIKAN KE PADA  ORANG YANG HENDAK DITEMUI.
  4. TAMU MENINGGALKAN KARTU ID
  5. TAMU DIBERIKAN KARTU VISITOR DAN SURAT TAMU OLEH PETUGAS.
  6. DIPERSILAHKAN MENUNGGU DI RUANG RESEPSIONIS/ DIRUANG TUNGGU
  7. SETELAH SELESAI TAMU MEYERAHKAN SURAT TAMU YANG TELAH DI TANDA TANGANI  OLEH ORANG YANG DITEMUI
  8. MENYERAHKAN KARTU VISITOR DAN MENGAMBIL KARTU ID YANG BERSANGKUTAN

PROSEDUR PENERIMAAN BARANG

 

  1. KURIR/SUPIR MENGISI BUKU EXPEDISI YANG TELAH DISEDIAKAN
  2. PETUGAS MEMERIKSA  BARANG/SURAT BERDASARKAN DATA YANG ADA PADA SURAT JALAN
  3. SURAT JALAN DI TANDANGANI OLEH PETUGAS DAN DI CAP.
  4. BARANG/SURAT UNTUK PERUSAHAAN DIBERIKAN KEPADA PETUGAS RESEPSIONIS
  5. BARANG/SURAT UNTUK KARYAWAN/TI DI SIMPAN DI POS SATPAM DAN DI INOMASIKAN KEPADA KARYAWAN YANG BERSANGKUTAN OLEH PETUGAS JAGA

 

 

 

 

 

 

PROSEDUR PENGIRIMAN BARANG

 

  1. SETIAP PENGIRIMAN BARANG HARUS ADA SURAT JALAN
  2. SURAT JALAN KELUAR DITERBITKAN OLEH BAGIAN GUDANG YANG TELAH DIBUBUHI TANDA TANGAN PENGAWAS GUDANG DAN CAP
  3. PETUGAS MEMERIKSA BARANG BERDASARKAN SURAT JALAN TERSEBUT TERMASUK RUANG KEMUDI KENDARAAN TSB
  4. SURAT JALAN DI TANDA TANGANI DAN DI CAP OLEH PETUGAS SATPAM
  5. PETUGAS MENCATAT DALAM DOKUMEN PENGIRIMAN BARANG

 

 

 

 

 

 

 

 

PROSEDUR KELUAR/MASUK KENDARAAN

 

  1. SETIAP KENDARAAN MASUK/KELUAR PETUGAS MEMERIKSA SURAT JALAN ATAU SURAT SURAT KELUAR KENDARAAN DAN MEMERIKSA KARTU IDENTITAS SUPIR
  2. PETUGAS MENCATAT IDENTITAS SUPIR DAN JENIS KENDARAAN
  3. PETUGAS MEMERIKSA KENDARAN TERMASUK KABIN
  4. KENDARAAN DIPERSILAHKAN KELUAR/MASUK

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PROSEDUR PENGAWASAN BONGKAR MUAT

 

  1. BONGKAR (MENURUNKAN BARANG DALAM KENDARAAN)
    1. APABILA MOBIL PENGIRIMAN BARANG DATANG SATPAM MEMERIKSA MUATAN MOBIL TERSEBUT TERMASUK KABIN.
    2. SATPAM MENGAWASI TURUNYA BARANG TERSEBUT BERDASARKAN SURAT JALAN.
    3. SETELAH SEMUA BARANG TURUN DARI KENDARAAN SATPAM MEMERIKSA KENDARAAN TERSEBUT JANGAN SAMPAI ADA BARANG YANG TERTINGGAL DALA KENDARAAN.

 

  1. MUAT ( MENGISI KENDARAAN DENGAN BARANG YANG AKAN DIANGKUT)
    1. APABILA KENDARAAN AKAN MEMUAT BARANG SATPAM HARUS MEMASTIKAN KENDARAAN TERSEBUT DALAM KEADAAN KOSONG.
    2. PADA SAAT BARANG DIMUAT SATPAM MENGAWASI BERDASARKAN SURAT JALAN/PAKING LIST.
    3. SETELAH SEMUA BARANG MASUK KEDALAM MOBIL SATPAM HARUS MEMASIKAN PINTUK KENDARAAN TERSEBUT DALAM KEADAAN TERKUNCI.

 

PROSEDUR PENGAWASAN LINGKUNGAN

 

1.PETUGAS/SATPAM BERPATROLI SETIAP HARI BERDASARKAN ROUTE/DENAH LINGKUNGAN PABRIK.

2.PETUGAS SATPAM MEMBAWA AMANO KONTROL SEBAGAI ALAT PATROLI LINGKUNGAN.

3.LAPORAN AMONO KONTROL DISERAHKAN KEPADA KEPALA SATPAM

4.DOKUMENTASI AMANO KONTROL DAN KEJADIAN SELAMA BERPATROLI.

 

PROSEDUR  SERAH TERIMA TUGAS JAGA

 

1.15 MENIT SEBELUM PENGGATIAN SHIFT SATPAM MEMERIKSA PERALATAN DAN PERLENGKAPAN KERJA.

2.SATPAM MEMBUAT LAPORAN TUGAS JAGA DALAM BUKU KEJADIAN.

3.SATPAM MEYERAHKAN TUGAS JAGA KEPADA SHIFT BERIKUTNYA BERDASARKAN LAPORAN BUKU.

4.SATPAM SHIFT BARU MELANJUTKAN TUGAS JAGA

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PROSEDUR PENERIMAAN KARYAWAN BARU

 

  1. KEPALA BAGIAN MEMBUAT SURAT PERMOHONAN PENAMBAHAN KARYAWAN BARU KEPADA BAGIAN PERSONALIA.
  2. PERSONALIA MENGUMUMKAN LOWONGAN KERJA PADA PAPAN PENGUMUMAN ATAU MELALUI MEDIA CETAK DENGAN PERSYARATAN TERTENTU.
  3. PERSONALIA AKAN MENYELEKSI SETIAP APLIKASI LAMARAN SESUAI DENGAN KRITERIA YANG DIBUTUHKAN.
  4. PERSONALIA MEMANGGIL PELAMAR MELALUI SURAT ATAPUN MELALUI TELPON.
  5. PERSONALIA MELAKUKAN WAWANCARA DAN TEST
  6. APABILA PELAMAR LOLOS DALAM WAWANCARA DAN TEST AKAN DIPANGGIL ULANG UNTUK MENGISI FORMULIR DAN PERJANJIAN KERJA.
  7. PERSONALIA MEMBERIKAN KARTU ID DAN KARTU ABSENSI UNTUKSEBAGAI KARYAWAN MASA PERCOBAAN.
  8. PERSONALIA AKAN MEMBERIKAN PELATIHAN SEBAGAI KARYAWAB BARU
  9. PERSONALIA MEMBERIKAN INFORMASI KEPADA SATPAM DAN BAGIAN PRODUKSI UNTUK KARYAWAN BARU TERSEBUT.
  10. PERSONALIA AKAN MENGEVALUASI SELAMA TIGA BULAN SEBAGAI MASA PERCOBAAN.
  11. APABILA LULUS DALAM MASA PERCOBAAN MAKA SECARA OTOMATIS KARYAWAN  TERSEBUT MENJADI KARYAWAN TETAP.

 

PROSEDUR PELATIHAN KARYAWAN BARU

 

  1. HARI PERTAMAN KARYAWAN BEKERJA DIBERIKAN PELATIHAN.
  2. PELATIHAN MELIPUTI  :
    1. TATA TERTIB KARYAWAN
    2. PERHITUNGAN UPAH
    3. PERATURAN PERUSAHAAN (PKB)
    4. KEAMANAN DAN KESELAMATAN KERJA
    5. PENGGUNAAN PERALATAN DAN PERLENGKAPAN KERJA
    6. PETUNJUK DAN RAMBU-RAMBU YANG ADA DALAM LOKASI KERJA.
    7. TUGAS DAN PEKERJAAN YANG DIBERIKAN OLEH ATASAN.

 

 

 

 

 

 

 

 

PROSEDUR PEMBERITAHUAN KARYAWAN PUTUS HUBUNGAN KERJA

 

  1. SETIAP KARYAWAN  YANG PUTUS HUBUNGAN KERJA PERSONALIA MEMBERIKAN SURAT KEPUTUSAN KEPADA KARYAWAN TERSEBUT.
  2. SURAT KEPUTUSAN DIBUAT DALAM RANGKAP 4
    1. TEMBUSAN KEPADA BAGIAN KEUANGAN
    2. TEMBUSAN KEPADA BAGIAN SATPAM
    3. TEMBUSAN KEPADA BAGIAN PRODUKSI
    4. DAN SATU LEMBAR UNTUK ARSIP
    5. KARYAWAN MENYERAHKAN KARTU IDENTITAS KARYAWAN.
    6. KARYAWAN MEYERAHKAN PERALATAN KERJA DAN PERLENGKAPAN KERJA.
    7. PERSONALIA MEMBUAT DOKUMENTASI KARYAWAN YANG SUDAH KELUAR.

 

PROSEDUR INTROGASI

 

 

1.DILAKUKAN DI KANTOR  DAN OLEH KEPALA SATPAM

2.KEPALA SATPAM MEMASTIKAN PELAKU/KARYAWAN DALAM KEADAAN SEHAT JASMANI DAN ROHANI

3.KEPALA SATPAM MEMASTIKAN PELAKU KARYAWAN AKAN MEMBERIKAN KETERANGAN YANG DAPAT DIPERTANGGUNG JAWABKAN

4.KEPALA SATPAM MENGAJUKAN PERTANYAAN PERTANYAAN YANG RELEVAN DENGAN PERMASALAHAN.

5.PELAKU/KARYAWAN DIBERIKAN HAK UNTUK TIDAK MENJAWAB

6.SEMUA PERTANYAAN DAN JAWABAN DI CATAT DAN DITANDA TANGANI OLEH KEDUA BELAH PIHAK.

 

 

 

 

PROSEDUR KELUAR MASUK KARYAWAN

  1. JAM MASUK/KELUAR KERJA KARYAWAN ADALAH

SEBAGAI BERIKUT :

A. SHIFT PAGI                : JAM 6.30   –  1430

B. SHIFT SIANG             : JAM 14.30 – 11.30

C. SHIFT MALAM          : JAM 11.30 –   6.30

D. SHIFT NS                    : JAM 8.00   – 15.00

2.      KARYAWAN KELUAR/MASUK DIPERIKSA OLEH

SATPAT DI POS 2.

3.      KARYAWAN DIPERIKSA MELIPUTI :

A. ID KARYAWAN

B. BARANG BAWAAN KARYAWAN

4.      APABILA TERJADI MASALAH SATPAM MENAHAN

KARYAWAN TERSEBUT DI KANTOR SATPAM.